Kepala Desa di Karawang Janji Genjot Produksi Pertanian

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
26 Maret 2019, 20:00
Kementan
Kementerian Pertanian

Sekitar lima ribu peserta terdiri petani, santri milenial, penyuluh pertanian, dan perangkat desa tumpah ruah dalam acara Sinkronisasi dan Apresiasi Program Kementerian Pertanian Tahun 2019, di lapangan sepak bola Desa Pacing kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang, Selasa 26 Maret 2019.

Mereka menyambut pidato Menteri Pertanian, Amran Sulaiman yang memuji segenap pihak yang peduli dengan nasib petani.

"Terima kasih kepada Pak Dirjen, Bupati, petani dan semua penyuluh termasuk pendamping desa. Selama 4 tahun, kami bekerja keras mendongkrak produksi dan meningkatkan kesejahteraan petani. NTP dan NTUP meningkat," kata Amran. Menteri Amran mempersilakan hadirin melihat data BPS yang menunjukkan pada 2017 indeks NTP (Nilai Tukar Petani) dan NTUP (Nilai Tukar Usaha Pertanian) 101,28 dan 110,24. "Tapi lihat di tahun 2018, angkanya meningkat menjadi 102,25 dan 111,77. Ini adalah bukti Kabinet Kerja bukan kabinet janji", ungkap Amran.

Mentan lalu mengajak beberapa peserta naik panggung untuk berdialog dan diakhiri dengan ber-selfie.

Efen Efendi, petani desa Jayamukti kecamatan Banyu Sari sekaligus Kepala Desa Jayamukti bersama warganya sengaja hadir untuk menyampaikan pesan dan harapan langsung kepada Menteri Pertanian.

"Sebentar lagi akan panen, mohon harga dijaga Pak. Sekarang harga gabah Rp. 4.000 per kg dan Rp. 4.200 per kg dengan sistem pembayaran anjuk", ungkap Efen.

Efen berharap ia dan perangkatnya lebih banyak berbuat untuk peningkatan kesejahteraan petani terus, terlebih program pertanian yang digulirkan pemerintah selain meningkatkan produksi juga meningkatkan kesejahteraan petani.

"Baik. Bapak luar biasa, sudah jadi kepala desa, bapak tidak sungkan juga bertani, bekerja di sawah. Saya berikan 20 karung benih padi dan 5 ekor kambing. Saya bangga tapi ingat, nanti dimanfaatkan bersama anggota bapak yah," Amran menanggapi Efen sambil menyerahkan bantuan kambing dan benih padi.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...