5 Kandidat Menko Perekonomian

Namanama calon Menko Perekonomian berpengalaman panjang di bidang ekonomi Rekam jejak mereka terbukti memiliki kelebihan juga kelemahan
Image title
Oleh
13 Agustus 2014, 08:43

KATADATA ?  Presiden terpilih Joko Widodo tengah mempertimbangkan usulan dari tim transisi yang diketuai oleh Rini Soemarno untuk menghapuskan posisi Menteri Koordinator. Namun, sejumlah nama telah beredar untuk mengisi jabatan Menteri Koordinator bidang Perekonomian.

Nama-nama tersebut bermunculan dari kalangan orang dekat Jokowi dan Jusuf Kalla, usulan ekonom, serta dari hasil penjaringan yang dilakukan oleh Jokowi Center, lembaga nonprofit yang dibentuk sukarelawan untuk melibatkan partisipasi publik atas kebijakan Jokowi.

Beberapa nama yang bermunculan sebagai kandidat Menteri Koordinator Perekonomian adalah Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Gita Wirjawan. Ketiganya, pernah dan sedang menjabat pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Beberapa nama lain yang mengemuka adalah Darmin Nasution dan Rini Soemarno. Nama Kuntoro Mangkusubroto juga samar-samar disebutkan sebagai salah satu kandidat yang disebut-sebut oleh orang dekat Jusuf Kalla.

Dari hasil penelusuran rekam jejak mereka, nama-nama tersebut berpengalaman panjang di bidang ekonomi. Masing-masing juga memiliki kelebihan dan prestasi, serta mempunyai kekurangan.

 

Reporter: Muhammad Kahfi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.