BSSN Akan Bangun Pusat Data di IKN

Image title
17 Maret 2022, 13:53
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian (tengah) berjalan keluar seusai rapat kerja dengan Komisi I DPR di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019). Raker tersebut membahas Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemer
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian (tengah) berjalan keluar seusai rapat kerja dengan Komisi I DPR di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019). Raker tersebut membahas Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) BSSN Tahun Anggaran 2020 serta evaluasi pengamanan ruang siber nasional dan pelaksanaan Pemilu 2019.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berencana membangun Pusat Rekam Cadang BSSN atau Pusat Data di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selama ini Pusat Data tersebut berada di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Pembangunan pusat data baru ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan integritas dan ketersediaan data strategis nasional.

Nantinya, di IKN BSSN akan membuat jaringan tertutup dan terenkripsi, sebagai langkah untuk mengutamakan keamanan konektivitas data di antara kementerian/lembaga. Nantinya, jaringan ini hanya dapat digunakan kementerian/lembaga yang berada di IKN. 

"Dalam rangka mendukung transformasi digital di IKN yang mendukung smart city, BSSN berencana membangun pusat rekam cadang data strategis nasional di IKN," ujar Hinsa dalam Rapat Kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis (17/3).

Menurut Hinsa, pembangunan ini dilakukan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Transaksi Elektronik. Aturan tersebut mewajibkan adanya sebuah rekam cadang data strategis nasional.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...