Muncul Organisasi Profesi Dokter Baru, Ketuanya Mantan Stafsus Terawan

Aryo Widhy Wicaksono
28 April 2022, 10:21
Deklarasi pendirian Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/4/2022). ANTARA/dokpri
ANTARA/dokpri
Deklarasi pendirian Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (27/4/2022). ANTARA/dokpri

Sejumlah dokter mendirikan organisasi profesi kedokteran baru, di luar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Organisasi ini mereka beri nama Persatuan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

Organisasi ini dipimpin Ketua Umum dr. Jajang Edi Priyanto, dengan Wakil Ketua dr. Deby Susanti Pada Vinski.

"Izinkan kami dengan kerendahan hati untuk mendeklarasikan berdirinya Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia, sesuai dengan SK Kemenkumham RI," ujar Jajang dalam keterangan pers, Rabu (27/4).

Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang dimaksud adalah Nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian PDSI.

Menurutnya, PDSI berdiri dalam rangka memenuhi hak warga negara untuk berserikat dan berkumpul sesuai ketentuan dalam konstitusi, yaitu Pasal 28 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Jajang menjelaskan, PDSI memiliki visi untuk menjadi pelopor reformasi kedokteran Indonesia yang menjunjung tinggi kesejawatan, serta berwawasan Indonesia untuk dunia demi meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Sementara misinya adalah mengayomi dokter dengan bersinergi bersama rakyat dan pemerintah, meningkatkan taraf kesehatan rakyat Indonesia dan kesejahteraan anggota, serta mendorong inovasi anak bangsa di bidang kesehatan berwawasan Indonesia untuk dunia.

"PDSI berdiri atas cita-cita luhur para pendahulu di bidang ilmu kedokteran," ungkapnya.

Simak juga data mengenai sebaran dokter di Indonesia:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...