Indonesia Tetap Undang Putin ke G20, AS Keberatan

Aryo Widhy Wicaksono
1 Mei 2022, 14:32
Presiden AS Joe Biden berjalan dari Marine One saat kembali ke Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Senin (28/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/AWW/djo
ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/AWW/djo
Presiden AS Joe Biden berjalan dari Marine One saat kembali ke Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Senin (28/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque/AWW/djo

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk mengundang dua pemimpin negara yang saat ini sedang terlibat perang, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Meskipun ada tekanan dari beberapa negara Barat seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada serta Uni Eropa, untuk mengecualikan Rusia dari pertemuan G20.

Presiden Jokowi menyampaikan langsung undangan ini saat menghubungi kedua pemimpin melalui sambungan telepon Jumat (29/4).

Menanggapi undangan terhadap Rusia, Amerika Serikat menyatakan keberatannya dengan mempertegas pandangan mereka terkait kehadiran Putin pada pertemuan G20. Menurut Sekretaris Pers Presiden AS Joe Biden, Jen Psaki, Amerika Serika tidak akan mengubah sikapnya terhadap kehadiran Rusia atau Putin pada pertemuan G20.  

"Presiden secara terbuka telah menyatakan menentang kehadiran Presiden Putin pada G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina," kata sekretaris pers Biden Jen Psaki di Washington, seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (1/5).

"Kami telah menyampaikan pandangan kami bahwa kami tidak berpikir (Rusia) harus menjadi bagian dari itu secara publik dan pribadi," katanya,

Psaki pun menambahkan, Washington juga memahami bahwa undangan kepada Rusia telah disampaikan sebelum terjadinya invasi.

Sementara Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Jalina Porter, menjelaskan bahwa negaranya tidak lagi dapat membangun hubungan seperti biasa dengan Rusia dalam skala Internasional. Namun Porter tidak mengomentari apakah AS masih akan hadir pada pertemuan G20 nanti.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...