Jokowi dan Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H

Jokowi bersyukur masyarakat tahun ini dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun bersama keluarga.
Image title
1 Mei 2022, 18:20
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi ucapan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah. (ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden)
(ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi ucapan selamat Idul Fitri 1443 Hijriah. (ANTARA/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," kata Presiden Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (1/5).

"Saya juga mengucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," lanjut Ibu Iriana yang mendampingi Jokowi.

Keduanya juga mengucapkan syukur karena tahun ini, masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman, setelah pemerintah memperbolehkan warga untuk mudik. Kondisi ini berbeda, setelah selama dua tahun ada larangan untuk berkumpul akibat pandemi Covid-19.

Advertisement

"Alhamdulillah, Lebaran tahun ini kita sudah dapat berkumpul dengan keluarga, bertemu orang tua, sanak saudara, dan kerabat di kampung halaman," ujar Presiden.

Untuk mendukung pelaksanaan mudik tahun ini, Presiden Jokowi telah mengizinkan pemerintah untuk mudik, dengan syarat melengkapi vaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Selanjutnya, Pemerintah juga menetapkan cuti bersama pada 29 April, kemudian 4-6 Mei 2022. Artinya masyarakat memiliki waktu yang cukup untuk berlibur hingga 8 Mei 2022.

Simak juga data mengenai produk yang paling banyak dibeli menjelang Lebaran:

Terkait penetapan Hari Raya Idul Fitri, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin (2/5).

Sementara Kementerian Agama menyatakan secara hisab posisi hilal awal Syawal di Indonesia sudah memenuhi kriteria baru Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) pada 1 Mei atau 29 Ramadhan 1443 Hijriah.

 

Meski Hari Raya Idul Fitri 2022 kemungkinan akan jatuh bersamaan pada 2 Mei 2022. Namun, penetapannya baru akan diumumkan setelah Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat 1 Syawal 1443 Hijriah pada sore ini usai proses pengamatan hilal di 99 titik pemantauan.

Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait