Daftar Panjang Gelar Kehormatan Megawati Soekarnoputri Sejak 2001

Image title
11 Mei 2022, 17:02
Presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mendapatkan gelar profesor kehormatan tertinggi dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan, di Seoul, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-PDI Perjuangan
ANTARA/HO-PDI Perjuangan
Presiden kelima Indonesia yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mendapatkan gelar profesor kehormatan tertinggi dari Seoul Institute of The Arts (SIA), Korea Selatan, di Seoul, Rabu (11/5/2022). ANTARA/HO-PDI Perjuangan

Seoul Institute of Art (SIA), Korea Selatan menganugerahi gelar Honorary Professor atau Profesor Kehormatan kepada Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputeri.

Gelar profesor ini menjadi yang kedua, setelah Juni tahun lalu Universitas Pertahanan (Unhan) juga memberikan gelar serupa dalam bidang kepemimpinan strategik.

Megawati hadir langsung ke SIA untuk menerima penghargaan itu dengan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistyanto, serta perwakilan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yaitu Bendahara Umum DPP PDIp, Olly Dondokambey, serta Ketua DPP PDIP, Rokhmin Dahuri.

Megawati mendapatkan gelar Profesor Kehormatan SIA untuk bidang demokrasi, perdamaian, lingkungan, dan budaya.

SIA memberikan gelar tersebut karena menilai Megawati telah berjasa dalam memperjuangkan perdamaian di kawasan Semenanjung Korea. Salah satunya dengan menjadi utusan khusus Presiden Korea Selatan dalam diplomasi perdamaian dengan Korea Utara.

Megawati menjadi sedikit dari pemimpin dunia yang dapat diterima dengan baik Korea Utara. Hal itu disebabkan hubungan sejarah ayahnya, Soekarno dengan Pemimpin Besar Korea Utara, Kim Il Sung.

Selain itu, Megawati juga dianggap aktif dalam pengembangan riset dan inovasi, seiring dengan posisinya sebagai Ketua Dewan Pembina Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Oleh sebab itu, SIA menilai Megawati sebagai role model bagi generasi masa depan.

“Ibu Megawati telah mengisi kepemimpinnya dalam membentuk politik di negara Indonesia. Tetapi pada saat yang sama, dia juga dengan penuh semangat mempromosikan seni, budaya, penembangan industri kreatif, perdamaian dan demokrasi, serta peningkatan kualitas hidup,” kata Rektor SIA, Prof. Duk-Hyung Yoo dalam acara penganugerahan gelar Profesor Kehormatan bagi Megawati, Rabu (11/5).

Simak juga data mengenai tantangan bagi masyarakat di Asia Tenggara di masa depan

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...