Aliansi Golkar - PAN - PPP Diramal Munculkan 3-4 Koalisi Pilpres 2024

Aryo Widhy Wicaksono
14 Mei 2022, 18:48
pilpres 2024, capres 2024, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kiri) usai menggelar pertemuan di Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Kesepakatan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk membangun koalisi berpotensi menciptakan dinamika baru pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Menurut pengamat politik dari Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad, dinamika ini tak pernah terjadi pada Pemilu sebelumnya, karena menyiratkan empat hal.

"Pertama, pertemuan ini sangat menarik karena dilakukan oleh parpol-parpol yang masing-masing dari mereka tidak memiliki tokoh-tokoh yang populer dengan tingkat elektabilitas unggulan," ucap Direktur IPS dalam keterangannya, Sabtu (14/5).

Kondisi ini akan memunculkan dua konsekuensi kepada para tokoh yang selama ini mendapatkan popularitas tinggi pada beberapa penelitian lembaga survei.

Para tokoh akan memiliki peluang menjadi capres dari koalisi ini, jika mereka menyelenggarakan konvesi capres secara terbuka dan demokratis. Sebaliknya, kesempatan mereka hilang jika ketiga partai sepakat mencalonkan pasangan capres-cawapres dari kalangan pemimpin maupun tokoh partai tersebut.

"Jika melihat tingkat popularitas dan elektabilitas dari pimpinan Partai Golkar, PAN dan PPP, kemungkinan yang terjadi adalah jalan tengah," jelasnya.

Kondisi ini akan membuat ketiga partai melakukan konvensi agar mendapatkan capres potensial untuk memenangkan Pemilu 2024. Tetapi posisi cawapres kemungkinan salah satu dari ketiga ketua umum parpol ini. "Dari ketiganya, peluang Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai Cawapres tampaknya paling besar," katanya.

Kedua, koalisi ini juga menunjukkan bahwa dinamika internal maupun eksternal antar partai untuk memaksimalkan peluangnya dalam Pemilu 2024 memanas. Pertemuan ini menyiratkan partai-partai tersebut tidak mau ketinggalan atau kehilangan peran dalam arena Pilpres di Indonesia.

Ketiga, pertemuan ini menunjukkan bahwa 'peran partai' dalam mewarnai proses kandidasi hingga pemenangan dalam Pilpres 2024 akan jauh lebih menguat dibandingkan dengan para tokoh atau komunitas relawan pendukung para tokoh-tokoh populer'.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...