Besaran Biaya untuk Gelar Formula E di Jakarta

Aryo Widhy Wicaksono
27 Mei 2022, 14:06
Sejumlah wartawan me nyaksikan mobil usail unboxing replika mobil Formula E di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta , Kamis (26/5/2022).
ANTARA FOTO/Reno Esnir/YU
Sejumlah wartawan me nyaksikan mobil usail unboxing replika mobil Formula E di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta , Kamis (26/5/2022).

Perhelatan balap internasional Formula E yang digelar di Jakarta, akan bergulir pada 4 Juni 2022. Seri Jakarta ini menjadi bagian dari 16 seri balapan Formula E dalam kalender balap 2022.

Hampir semua persiapan untuk melaksanakan ajang ini telah tuntas. Dari kesiapan venue, sirkuit, fasilitas pendukung acara, hingga hiburan.

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta pun mengungkap biaya untuk menyelenggarakan ajang balap mobil listrik itu berada pada kisaran Rp120 miliar hingga Rp130 miliar.

"Untuk aspalnya, kan sudah tahu hampir Rp60 miliar, selebihnya pembangunan 'grandstand' dan segala macamnya," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta, Kamis (27/5) seperti dikutip Antara.

Khusus untuk pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer ini dilakukan kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Sirkuit itu memiliki 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Sirkuit di Taman Impian Jaya Ancol ini dibuat secara permanen, karena juga direncanakan dapat digunakan untuk agenda balap lainnya.

Selain biaya membangun sirkuit, panitia juga membangun fasilitas pendukung lainnya seperti panggung penonton, paddock (garasi tim peserta), dan fasilitas pendukung lainnya.

Setelah sirkuit rampung dikerjakan, panitia menjual 60 ribu tiket untuk penonton yang terdiri dari lima kategori kelas, yakni "Festival Ancol", "Festival Circuit", "grandstand", VIP dan VVIP.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...