Respons Politisi PKB soal Perwakilan Menterinya Terancam Reshuffle

Image title
13 Juni 2022, 15:01
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid
Katadata
Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menggelar reshuffle kabinet pada 15 Juni 2022. Berdasarkan penangalan kalender Jawa, tanggal tersebut jatuh pada Rabu Pahing, salah satu hari favorit Jokowi dalam mengambil keputusan.

Terkait isu ini, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, mengaku mendengar informasi bahwa Presiden Joko Widodo akan mengganti susunan kabinetnya. “Sayup-sayup terdengar,” kata Jazilul saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (13/6).

Sebagai bagian dari elit partai yang berkoalisi dengan pemerintah, Jazilul mengaku belum mengetahui pos-pos kementerian yang bakal mengalami perubahan. Termasuk juga untuk Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang santer dikabarkan akan diganti.

Meski Lutfi berasal dari kalangan profesioanal, penunjukkannya sebagai menteri merupakan dukungan dari PKB. “Tidak ada (informasi), saya tidak mau berspekulasi,” ungkapnya.

Jazilul berharap keputusan presiden untuk melakukan reshuffle tidak memunculkan gejolak politik, mengingat saat ini merupakan momentum menuju tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Selain itu, jika benar akan ada perombakan, dapat meningkatkan efektivitas kinerja pemerintah, dan menjaga stabilitas di tengah pemulihan ekonomi. 

“Dapat mengantisipasi krisis ekonomi global yang sedang terjadi,” katanya.

Belakangan ini muncul berbagai spekulasi mengenai potensi Jokowi akan menggelar reshuffle pada 15 Juni. Alasan yang berkembang, Rabu merupakan hari lahir Jokowi, yaitu pada 21 Juni 1961, sehingga menjadi favoritnya untuk membuat keputusan besar, termasuk reshuffle.

Jokowi sebelumnya mengumumkan perombakan menteri empat kali, yaitu pada 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, 17 Januari 2018, dan 15 Agustus 2018. Tanggal tersebut merupakan Rabu Pon dan Rabu Pahing. 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...