Nasdem Komunikasi ke PDIP Soal Peluang Ganjar Pranowo jadi Capres

Image title
23 Juni 2022, 09:26
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate di DPP Nasdem, Jakarta, Senin (13/6/2022).
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate di DPP Nasdem, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Partai Nasdem tengah menjajaki peluang kolaborasi politik dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pendekatan dilakukan setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) memutuskan salah satu kader PDIP, Ganjar Pranowo, menjadi bakal calon presiden (capres) dari Nasdem.

“Kami sedang melakukan pendekatan dan penjajakan sambil melihat bagaimana updating politik,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Nasdem, Johnny G. Plate, menjelaskan mengenai komunikasi yang sedang dibangun dengan PDIP pada Rabu (22/6).

Advertisement

Komunikasi dilakukan Nasdem sebagai upaya menghormati mekanisme internal PDIP. Sebab di dalam kongres, partai berlambang kepala banteng itu mengamanahkan keputusan bakal capres kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Kalau di PDIP hak pregoratif menetapkan capres dari unsur PDIP oleh Ibu Mega, itu kita hormati,” ujar Plate.

Tak hanya berupaya mencari jalan untuk menjalin komunikasi dengan PDIP, Plate juga mengungkapkan bahwa Nasdem sudah memantau beragam pernyataan Ganjar, kerap sejalan dengan keputusan Megawati. Di mana Ganjar selalu menyatakan dirinya mengikuti perintah ketua umum menyangkut potensi maju sebagai capres.

Menurutnya, keputusan Nasdem untuk mengusung bakal capres dari partai lain bukan dilakukan untuk mengambil manuver politik melalui jalan belakang. Akan tetapi, merupakan wujud mendahulukan kepentingan bangsa di atas kepentingan partai.

Oleh sebab itu, Steering Committee Rakernas Nasdem memberikan tiga nama bakal capres untuk diputuskan satu nama oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Nasdem yang diwakili oleh ketua umumnya, Surya Paloh. Selain Ganjar, dua nama lainnya adalah Anies Baswedan dan Jendral Andika Perkasa.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement