Makna Beda Ukuran Meja Pertemuan Putin dengan Jokowi dan Pemimpin Lain

Aryo Widhy Wicaksono
1 Juli 2022, 11:39
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).
ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) usai menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

Presiden Joko Widodo telah menyelesaikan lawatannya untuk menemui dua pemimpin negara yang tengah berkonflik, Ukraina dan Rusia. Pertemuan berlangsung di saat pertempuran sengit masih berlangsung, terutama di kawasan Donbas, dengan Donetsk dan Luhansk sebagai garis depan peperangan.

Jokowi bertemu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kiev pada Rabu (29/6). Sementara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, pertemuan berlangsung di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/7).

Advertisement

Hal yang menarik dari pertemuan tete-a-tete antara Jokowi dan Putin adalah mengenai posisi. Putin lebih hangat menerima Jokowi, dan pembicaraan keduanya hanya berjarak sebuah meja kecil. Berdasarkan foto yang disebarkan Biro Pers Sekretariat Presiden Indonesia dan pemerintah Rusia, juga terlihat bagaimana gesture Putin lebih condong mendekat ke arah Jokowi.

Tak hanya ketika berdiskusi empat mata, Posisi berdiri Jokowi saat memberikan keterangan pers juga berada lebih dekat.

Presiden Joko Widodo (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan)
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) (Kremlin.ru)
PRESIDEN JOKO WIDODO BERTEMU PRESIDEN PUTIN
PRESIDEN JOKO WIDODO BERTEMU PRESIDEN PUTIN (ANTARA FOTO/BPMI-Laily Rachev/rwa.)

Menurut Pengamat Militer dan Pertahanan Negara, Connie Rahakundini Bakrie, posisi duduk ini memiliki makna penting, terutama di tengah upaya untuk mendamaikan konflik antara Rusia dan Ukraina.

"Jokowi dan Indonesia dianggap negara sahabat," jelasnya saat dihubungi Jumat (1/7).

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement