Tantangan dan Target Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Yogyakarta - Bawen

Aryo Widhy Wicaksono
7 Agustus 2022, 14:56
Operator mengoperasikan alat berat saat melakukan pengerasan tanah pada pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (12/7/2022).
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Operator mengoperasikan alat berat saat melakukan pengerasan tanah pada pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 di Seyegan, Sleman, D.I Yogyakarta, Selasa (12/7/2022).

Pemerintah  mulai membangun Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 kilometer (Km).  Infrastruktur ini terhubung dengan Tol Semarang-Solo, dan Tol Solo-Yogyakarta International Airport Kulonprogo. 

Jalan Tol Yogyakarta - Bawen seksi 1 sepanjang 8,25 kilometer sudah dimulai pelaksanaan konstruksinya. Tol ini ditargetkan selesai pembangunannya pada akhir 2023 mendatang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, menjelaskan salah satu tantangan pembangunan pada ruas Tol Yogyakarta - Bawen ini adalah implementasi teknologi terowongan, serta memperhatikan aspek lingkungan.

"Selama pelaksanaan konstruksi juga harus menjaga keindahan bentang alam yang ada di sana, dan terus mendorong terbangunnya jalan tol berkualitas untuk dapat digunakan oleh masyarakat," ujar Danang dalam keterangan resmi BPJT yang dikutip Minggu (7/8).

Selain persoalan konstruksi, Danang juga menjelaskan proses pembebasan lahan untuk proyek tersebut. Menurutnya, proses ini secara umum berjalan kondusif, tetapi terdapat beberapa persoalan teknis dan administrasi pertanahan yang harus segera dicari solusinya.

Jalan Tol Yogyakarta – Bawen dibangun dengan total panjang 75,82 kilometer. Terbagi menjadi 67,05 kilometer di Provinsi Jawa Tengah, dan sisanya 8,77 kilometer membentang di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Danang, pembangunan seksi 1 Jalan Tol Yogyakarta - Bawen telah menunjukkan kemajuan dan meminta tim di lapangan untuk terus meningkatkan capaian kinerja pelaksanaan konstruksinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...