Tol Yogyakarta-Bawen Mulai Dibangun, DIY-Semarang Hanya 1,5 Jam

Andi M. Arief
30 Maret 2022, 18:05
jalan tol
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) mendengarkan paparan saat penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (13/11/2020).

Pemerintah  mulai membangun Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 75,82 kilometer (Km).  Infrastruktur ini terhubung dengan Tol Semarang-Solo, dan Tol Solo-Yogyakarta International Airport Kulonprogo. 

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh Yogyakarta-Semarang dari 3 jam menjadi 1,5 jam. Pengoperasian tol diharapkan memperlancar distribusi barang dan jasa, mengembangkan industri dan pariwisata di daerah yang dilalui, dan meningkatkan konektivitas di sisi selatan Pulau Jawa. 

“Jalan Tol Yogyakarta Bawen nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Semarang-Solo, dan Jalan Tol Solo-Yogyakarta International Airport Kulonprogo yang saat ini masih tahap konstruksi dengan progres 20,21%.  Tiga jalan tol itu akan membentuk segitiga emas yang dapat meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah khususnya Jogja, Solo, dan Semarang ”, kata  Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam keterangan resmi, Rabu (30/3). 

 Hedy menyebutkan Tol Yogyakarta-Bawen akan memperkuat posisi Yogyakarta dalam industri khususnya pariwisata yang sedang tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, peran Yogyakarta sebagai daerah untuk pengembangan ekonomi di Pulau Jawa bagian Selatan akan meningkat. 

Berdasarkan catatan Kementerian PUPR, investasi yang dikucurkan untuk Tol Yogyakarta-Bawen mencapai Rp 14,26 triliun. Adapun, Konstruksi jalan tol ini dilaksanakan oleh PT. Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Konstruksi Tol Yogyakarta-Bawen akan dibagi menjadi enam bagian, yakni Seksi 1 Sleman - Banyurejo (8,25 km), Seksi 2 Banyurejo-Borobudur (15,26 km), Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,08 km), Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,26 km), Seksi 5 Temanggung-Ambarawa  (22,56 km), Seksi 6 Ambarawa-Junction Bawen terkoneksi Tol Semarang-Solo (5,21 km). 

Pemerintah menargetkan konstruksi Seksi 1 Sleman - Banyurejo rampung pada kuartal IV-2023, sedangkan pengoperasiannya dapat dilakukan pada awal 2024. Setelah itu, konstruksi seksi 2-6 akan rampung secara bertahap dan dapat dioperasikan secara penuh pada akhir 2024. 

Secara rinci, Seksi 1 ditargetkan mulai beroperasi di awal tahun 2024 yang akan terhubung dengan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport di Junction Sleman. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...