Raja Charles III, Penerus Ratu Elizabeth II

Aryo Widhy Wicaksono
9 September 2022, 08:56
Ratu Elizabeth menunggu untuk membacakan Pidato Ratu kepada anggota legislatif di House of Lords, di samping Pangeran Philip, saat Pembukaan Parlemen Negara di pusat London, Britain, 9 Mei 2012. Oli Scarff/POOL/File Photo
ANTARA FOTO/Oli Scarff/POOL/File Photo/rwa/cf
Ratu Elizabeth menunggu untuk membacakan Pidato Ratu kepada anggota legislatif di House of Lords, di samping Pangeran Philip, saat Pembukaan Parlemen Negara di pusat London, Britain, 9 Mei 2012. Oli Scarff/POOL/File Photo

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di rumahnya di Skotlandia, Kamis (8/9), pada usia 96 tahun. Ia memimpin Inggris selama hampir 70 tahun, terlama dalam sejarah, setelah naik takhta pada 1953.

Setelah Ratu meninggal, takhta langsung diserahkan tanpa upacara resmi kepada pewarisnya, Charles, mantan Pangeran Wales.

Menyitir laporan BBC, dari empat nama yang dimilikinya, Charles Philip Arthur George, raja baru Inggris memilih untuk dipanggil Raja Charles III. Nama ini menjadi keputusan pertama dari pemerintahan raja baru.

Penobatannya sebagai raja secara resmi rencananya akan diproklamasikan pada Sabtu (10/9) ini, di Istana St. James di London. Penyerahan takhta ini akan dilakukan di depan badan upacara yang dikenal sebagai Dewan Aksesi.

Dewan ini terdiri dari anggota Dewan Penasihat yang berisi sekelompok anggota parlemen senior, dulu dan sekarang, serta beberapa pegawai negeri senior, komisaris tinggi Persemakmuran, dan Wali Kota London.

Lebih dari 700 orang secara teori berhak untuk hadir, tetapi mengingat pemberitahuan singkat, jumlah sebenarnya kemungkinan akan jauh lebih sedikit. Pada Dewan Aksesi terakhir pada tahun 1952, sekitar 200 orang hadir.

Kematian Ratu Elizabeth II tak hanya mengubah status Raj Charles III, sebagai pewaris takhta Pangeran William juga akan mendapatkan julukan baru.

Akan tetapi, William tidak akan secara otomatis menjadi Pangeran Wales, gelar yang harus dianugerahkan kepadanya oleh ayahnya. Dia telah mewarisi gelar ayahnya Duke of Cornwall, sehingga William dan Kate sekarang bergelar Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge.

Gelar baru juga didapatkan istri Charles, Camilla, yang kini menjadi Permaisuri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...