PBNU Temui Jokowi, Undang Buka Forum Global Lintas Agama R20

Forum R20 akan dihadiri beberapa pemuka agama dari seluruh dunia, seperti Sekjen Liga Muslim Dunia, perwakilan Vatikan, hingga World Evangelical Alliance.
Rizky Alika
22 September 2022, 16:45
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf
ANTARA FOTO/Vina/Ds/aww.
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (22/9). Pada kesempatan ini, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengundang Jokowi untuk hadir dalam agenda Forum Religion of Twenty (R20).

"Kami tadi memohon kesediaan Presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R20 tersebut," kata pria yang akrab disapa Gus Yahya itu di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (22/9). Jokowi pun mengatakan kesediaannya untuk hadir.

Ia mengatakan, R20 merupakan forum pemimpin agama dunia yang menjadi rangkaian kegiatan forum G20. Forum tersebut rencananya akan diselenggarakan dua pekan sebelum KTT G20, tepatnya pada 2-3 November 2022 di Nusa Dua, Bali.

Forum R20 itu akan dihadiri oleh sejumlah pemuka agama dunia, antara lain Sekretaris Jenderal Rabithah Alam Islami atau Liga Muslim Dunia Dr. Muhammad bin Abdul Karim Al Issa, Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue dari Vatikan Kardinal Miguel Ayuso, hingga Sekretaris Jenderal World Evangelical Alliance Pendeta Thomas Schirrmacher.

Advertisement

Selain itu, Gus Yahya juga akan mengundang pemimpin negara, seperti Raja Norodom Sihamoni dari Kamboja. "Nanti beliau akan hadir dalam kapasitas sebagai pemimpin agama Buddha," ujar dia.

Gus Yahya berharap forum R20 akan menghasilkan sejumlah kesepakatan para pemimpin agama tentang cara pandang bersama. Dengan demikian, agama bisa menjadi solusi terhadap masalah global.

Apalagi, Gus Yahya menilai masih banyak masalah dunia yang berakar dari agama. Untuk itu, topik utama forum R20 ialah upaya menghentikan agama sebagai bagian dari masalah.

Adapun, R20 merupakan bagian dari kegiatan peringatan satu abad lahirnya Nahdlatul Ulama pada 7 Februari 2023. Selain R20, NU akan menyelenggarakan kegiatan NU Women, NU Technology, dan festival seni tradisional Islam Nusantara.

Mengutip dari Antara, R20 digagas Yahya Cholil Staquf pada Januari 2022 dan diketuai secara bersama oleh PBNU dengan Liga Muslim Dunia, sebuah organisasi yang berbasis di Makkah, Arab Saudi. Misi utama R20 adalah mewujudkan kerja sama semua agama dan bangsa di dunia, untuk mendorong terciptanya struktur politik dan ekonomi global yang selaras dengan nilai-nilai luhur setiap agama.

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait