PBNU Jadikan Usia Satu Abad Momentum Kebangkitan Baru

Aryo Widhy Wicaksono
21 Juni 2022, 07:14
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat membuka rapat pleno kick off peringatan hari lahir satu abad NU, Senin (20/6)
Istimewa/Katadata
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat membuka rapat pleno kick off peringatan hari lahir satu abad NU, Senin (20/6)

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menjadikan usia satu abad organisasi tersebut menjadi momentum kebangkitan baru, bagi warga NU. Hari ulang tahun NU sebelumnya resmi ditetapkan berdasarkan kalender Hijriah, yakni 16 Rajab, yang akan jatuh Februari 2023 mendatang. Sesuai keputusan Muktamar NU ke-32 di Makassar pada 2010. 

"Semangat kebangkitan baru ini kami tegaskan dalam tagline mendikdayakan NU, menjemput abad kedua menuju kebangkitan baru," kata Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, dalam konferensi pers Satu Abad NU di Jakarta, Senin (20/6) malam.

Semangat ini sejalan dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang menyebut, setiap 100 tahun Allah SWT akan membangkitkan pembaharu.

"Insya Allah hari lahir NU 16 Rajab 1444 H akan jatuh pada awal Februari 2023 mendatang," ujar dia.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yahya ini, usia 100 tahun ini akan menjadi momentum masuknya NU ke dalam era abad yang kedua bagi organisasi tersebut.

Menandai usia ke-100 ini, NU menyiapkan serangkaian kegiatan berskala lokal dan global. Terdapat sembilan klaster kegiatan yang akan dilakukan mulai Juni 2022 hingga Februari 2023 nanti. Klaster kegiatan itu adalah:
1. R20 (Religion20) atau forum dialog pemimpin agama sedunia
2. Muktamar fikih internasional peradaban
3. Festival tradisi Islam Nusantara
4. Gerakan Kemandirian NU
5. NU teknologi
6. Pekan Olahraga NU
7. Anugerah tokoh inspiratif
8. Pembentukan NU Women
9. Resepsi satu abad NU

Menurut Gus Yahya, pada acara R20 nanti, NU akan mengundang pimpinan agama dunia untuk berkumpul membicarakan tentang masalah-masalah yang melanda dunia. "Agama harus menjadi solusi dari masalah itu," kata dia.

Gus Yahya menambahkan, menandai usianya yang ke-100, NU juga akan melakukan fundrising. Maksudnya, NU akan berupaya menggerakkan usaha-usaha ekonomi nyata. "Jadi kita tidak mengharapkan bantuan dan sumbangan tapi dari usaha riil yang dibangun dengan mengembangkan ekonomi. "Ada pangan, atau perkebunan," jelasnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...