Reaksi FIFA dan Klub Dunia Atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

Presiden FIFA menyebut tragedi di Stadion Kanjuruhan berada di luar pemahamannya.
Aryo Widhy Wicaksono
2 Oktober 2022, 17:06
Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dalam Seminar Tim FIFA untuk Piala Dunia di Hotel Kimpinsky, Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Hamad I Mohammed/HP/dj
Presiden FIFA Gianni Infantino berbicara dalam Seminar Tim FIFA untuk Piala Dunia di Hotel Kimpinsky, Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022).

Tragedi tewasnya ratusan suporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, menjadi perhatian dunia. Tak hanya sebagai headline di media-media terkemuka, organisasi sepak bola dunia hingga klub-klub ternama mengucapkan rasa duka cita yang mendalam.

Terkait korban jiwa dalam peristiwa ini, beberapa lembaga memberikan data berbeda-beda. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan jumlahnya hingga siang tadi mencapai 129 korban tewas dan 188 luka-luka. Kepolisian mencatat korban jiwa mencapai 127 dengan 180 korban luka-luka. Sementara Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mendapatkan informasi bahwa jumlahnya terhitung hingga 153 orang.

Jumlah korban dalam peristiwa ini menjadikannya sebagai tragedi kedua paling mematikan dalam sejarah olahraga sepak bola.

Organisasi sepak bola dunia, Federation Internationale de Football Association (FIFA), turut memberikan rasa duka cita yang mendalam.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan dunia sepak bola sedang syok menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

“Ini adalah hari yang gelap bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan sebuah tragedi di luar pemahaman," ucap Infantino dalam pernyataan resmi di situs FIFA.

"Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini." lanjutnya.

Menurutnya, FIFA bersama komunitas sepak bola global, mencurahkan pikiran dan doa kepada para korban tewas, dan yang mengalami luka-luka. "Bersama rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Persatuan Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia, pada saat yang sulit ini.”

Ucapan belasungkawa juga datang dari klub Manchester United, Liverpool, Barcelona, hingga Arsenal. Semua menyampaikan rasa belasungkawa dan penyesalan terhadap terjadinya peristiwa ini melalui media sosial resmi milik klub tersebut.

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Arsenal (@arsenal)

 

Tak hanya klub sepak bola dunia, beberapa pemain dunia pun menyampaikan rasa belasungkawa terhadap tragedi yang terjadi di Malang.

Ucapan datang dari legenda Spanyol yang bermain untuk klub Paris Saint Germain, Sergio Ramos, dan legenda Jepang Keisuke Honda.

 

 

 

Terkait peristiwa ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, untuk  memberikan pelayanan terbaik kepada korban.

 

“Saya meminta Menkes dan Gubernur Jawa Timur memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/10).

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola dan prosedur pengamanan penyelenggaraan pertandingan tersebut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait