Mengenal Apurva Kempinski Bali, Lokasi KTT G20

Aryo Widhy Wicaksono
10 November 2022, 15:49
Wisatawan beraktivitas di kawasan The Apurva Kempinski Bali yaitu hotel tempat pertemuan puncak KTT G20, Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (6/11/2022).
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.
Wisatawan beraktivitas di kawasan The Apurva Kempinski Bali yaitu hotel tempat pertemuan puncak KTT G20, Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (6/11/2022).

Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara kelompok 20 atau G20 akan digelar 15-16 November mendatang di Bali. Presiden Joko Widodo menyatakan 17 pemimpin negara memberikan kepastian untuk menghadiri KTT G20.

Termasuk di antara mereka adalah dua pemimpin negara dengan perekonomian terbesar, yakni Presiden Amerika Serikat Joe Biden, dan Presiden Cina Xi Jinping.

Selain para pemimpin negara dari anggota G20, pertemuan ini juga akan dihadiri pelaku bisnis global, hingga organisasi internasional.

Semua kegiatan KTT G20 akan berpusat di Apurva Kempinski Bali, hotel bintang lima yang berada di Sawangan Nusa Dua, sekitar 16 kilometer ke arah tenggara dari Bandara Udara Ngurah Rai. Perjalanan dari bandara memakan waktu sekitar 30-40 menit melalui tol Bali Mandara, atau 40-60 menit jika melalui jalan Bypass.

Berdasarkan penelusuran Katadata.co.id, nama hotel ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti unik dan luar biasa.  

Apurva Kempinski Hotel Bali
Apurva Kempinski Hotel Bali (Katadata/ Wahyu Dwi Jayanto)

Arsitektur Budaya Indonesia

Hotel ini berdiri di atas tebing dengan arsitektur yang dipercaya mengambil inspirasi dari Pura Besakih, karena bentuknya yang berundak menyerupai candi. Arsitek Budiman Hendropurnomo dan desain interior Rudi Dodo, memadukan unsur tradisional dan sentuhan modern, dengan mengedepankan keanekaragaman budaya Indonesia. Hal ini terlihat dari karya tenun dan ukiran kayu khas Jawa, yang berpadu dengan beragam patung serta karya seni yang memanjakan mata.

Dalam situs resminya, Apurva Kempinski Bali menyebut dirinya sebagai "teater terbuka yang megah, perwujudan keanggunan Indonesia." Kemudian menjadikan pemandangan cakrawala Samudra Hindia sebagai pesona utama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...