Jasa Marga: Investasi JORR S Akan Dikompensasi Pemerintah

Image title
Oleh
9 Oktober 2014, 14:11
Jasa Marga KATADATA|Bernard Chaniago
Jasa Marga KATADATA|Bernard Chaniago
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku tidak terlalu mempermasalahkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum (PU) yang menyerahkan hak pengusahaan tol JORR S kepada PT Marga Nurindo Bhakti. Padahal perseoan sudah mengeluarkan biaya yang besar untuk pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi S Pondok Pinang-Jagorawi tersebut.

?Bagi Jasa Marga tidak ada masalah, karena investasi kami akan dikompensasi oleh pemerintah,? ujar Corporate Secretary Jasa Marga David Wijayatno, kepada Katadata, hari ini.

(Baca: Jasa Marga Terancam Kehilangan Sebagian Tol JORR S)

Investasi yang dikeluarkan Jasa Marga untuk tol ini cukup besar. Perseroan melunasi utang Marga Nurindo untuk pembangunan tol JORR S  sebesar Rp 522 miliar. Jasa Marga juga mengeluarkan investasi hingga triliunan rupiah untuk menyambung tol tersebut.

Pendapatan tol JORR S juga cukup besar, hingga mencapai 7,8 persen total pendapatan Jasa Marga pada 2012. Meski demikian, dalam dua tahun terakhir cenderung menurun. Berdasarkan laporan keuangan Jasa Marga, pendapatan tol JORR S pada 2012 mencapai Rp 434,6 miliar. Tahun lalu pendapatan tol tersebut tercatat hanya Rp 235,7 miliar, bahkan dalam enam bulan pertama tahun ini hanya Rp 89,78 miliar.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...