Biaya Pengembangan Proyek Tol Laut Hampir Rp 500 Triliun

Redaksi
Oleh Redaksi
10 November 2014, 10:38
Tj. Priok KATADATA|Donang Wahyu
Tj. Priok KATADATA|Donang Wahyu

KATADATA ? Badan Perencanaan Pembangunan Nasional(Bappenas) memperkirakan biaya pengembangan 24 pelabuhan mencapai di atas Rp 424 triliun.

"Angka itu belum melalui studi yang detail. Jadi kemungkinan besar bisa bertambah lagi. Saya perkirakan mungkin bisa bertambah 1,5 kali lipat lagi," ujar Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy S Priatna seperti dikutip Bisnis Indonesia (10/11).

Menurutnya, angka Rp 424 triliun itu untuk mengembangkan 24 pelabuhan berskala internasional. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pengembangan pelabuhan untuk tol laut tersebut bisa bertambah.

Deddy menjelaskan pengembangan 24 pelabuhan tersebut nantinya mampu dilewati oleh kapal niaga besar, seperti kapal Panamax dengan kapasitas 3.000-6.000 TEUs. Dengan demikian, akses niaga dari negara-negara Pasifik ke negara Asia menjadi lebih mudah dan murah.

"Kalau semua itu sudah dibangun, mungkin 6 bulan pertama atau 1 tahun pertama masih kosong. Tapi kalau ini sudah rutin ada, dan pengusaha sudah tahu sektor industri bisa ramai," ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...