Konsumsi Rumah Tangga Hanya Bisa Tumbuh 5,1 Persen Tahun Ini

Safrezi Fitra
1 Juni 2015, 14:41
Pajak Barang Konsumsi 4.jpg

KATADATA ? Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diprediksi hanya tumbuh 5 persen tahun ini. Penyebabnya, perekonomian yang diperkirakan masih akan melambat dan depresiasi nilai tukar rupiah.

"(Pertumbuhan konsumsi rumah tangga) 5,01-5,1 persen lah," ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pekan lalu.

Advertisement

Rendahnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga ini akan membuat target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,7 persen, tidak akan tercapai. Dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,4 persen.

Untuk menggenjot pertumbuhan konsumsi tahun ini, pemerintah menaikkan batas penghasilan tidak kena pajak (PTKP) dari Rp 24,3 juta menjadi Rp 36 juta. Selain itu, barang elektronik, furnitur mebel, dan asesoris juga rencananya tidak akan dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Ekonom Standar Chartered Erick Sugandi juga memperkirakan konsumsi rumah tangga hanya akan tumbuh 5 persen. Lambatnya perekonomian membuat adanya penurunan daya beli masyarakat. Selain itu, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga membuat harga barang meningkat.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement