Setoran Modal Nusantara Regas Kembali dalam 3,5 Tahun

Safrezi Fitra
24 Mei 2016, 11:47
Nusantara Regas
www.nusantararegas.com

PT Nusantara Regas mengaku telah bisa mengembalikan modal dari pemegang sahamnya. Perusahaan ini mampu mengembalikan modal tersebut dalam waktu 3,5 tahun.

Direktur Utama Nusantara Regas Tammy Meidharma Sumarna mengatakan pengembalian modal pemegang saham bisa terlihat dari jumlah dividen yang disetorkan perusahaan. Dalam 3,5 tahun jumlah dividen yang dibayarkan Nusantara Regas telah melebihi modal yang disetor pemegang saham.

Saham Nusantara Regas dimiliki oleh PT Pertamina (Persero) sebesar 60 persen dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. sebesar 40 persen. Kedua perusahaan migas negara ini menyetorkan modalnya senilai US$ 145 juta. (Baca: Harga Gas Mahal, Industri Sulit Bersaing)

Hingga 2014, total dividen yang dibayarkan Nusantara Regas kepada Pertamina dan PGN mencapai US$ 124 juta. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Nusantara Regas pada 9 Mei lalu disepakati seluruh laba bersih 2015 dibayarkan untuk dividen.

“Jadi sebenarnya yang kami setor sudah hampir US$ 200 juta,” kata Tammy seperti dikutip dalam publikasi resmi Pertamina, Senin (23/5). (Baca: Terancam Defisit, Pertamina Mulai Impor LNG)

Keberhasilan kinerja keuangan Nusantara Regas bisa dicapai berkat efisiensi yang dilakukan perusahaan. Perolehan laba bersih perseroan cukup baik meski kinerja operasionalnya kurang baik. Menurut Tammy, selama ini penggunaan kapasitas terpasang (utilisasi) Nusantara Regas baru terpakai 60 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...