Kinerja Keuangan Telkom Tertopang Bisnis Digital

Miftah Ardhian
4 Agustus 2016, 19:55
Telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
Telkom KATADATA|Arief Kamaludin

Era bisnis digital. Hal itu juga yang terlihat pada PT Telkom Indonesia. Laporan keuangan perusahaan telekomunikasi pelat merah ini menanjak pada semester pertama lalu salah satunya ditopang oleh lini usaha tersebut.

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen mengatakan, pada enam bulan pertama 2016, perseroan membukukan pendapatan Rp 56,45 triliun atau tumbuh sekitar 15,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 48,84 triliun. (Baca juga: Dugaan Persaingan Tidak Sehat, KPPU Periksa Indosat dan Telkomsel). 

Perusahaan ini juga membukukan EBITDA Rp 28,80 triliun atau tumbuh 22,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp 23,46 triliun. Adapun laba bersihnya naik 33,3 persen menjadi Rp 9,93 triliun, naik dari 2015 yang baru Rp 7,45 triliun.

Menurut Harry, bisnis data, internet, dan IT Services menjadi faktor pendorong utama pertumbuhan tersebut. Ketiga bisnis digital ini tercatat tumbuh 50,7 persen dengan kontribusi Rp 22,64 triliun atau 40,1 persen dari total keseluruhan pendapatan Telkom.

“Pertumbuhan pada pendapatan Data, internet, IT Services tidak terlepas dari perluasan infrastruktur fiber optic dan BTS (Base Transceiver Station) 3G/4G,” kata Harry saat Investor Day di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2016.

Hal ini, Harry melanjutkan, sesuai arah strategi perusahaan menuju digital company. Perseroan juga sedang mempersiapkan bisnis digital untuk menjadi mesin pertumbuhan di masa mendatang. (Lihat pula: Praktik Persaingan Tak Sehat, KPPU Panggil Indosat dan Telkomsel).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...