Dapat Izin, Lapindo Targetkan Pengeboran 11 Sumur Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2016, 17:26
migas
Katadata

Lapindo Brantas Inc telah mengantongi izin dari Kementerian ESDM untuk melakukan pengeboran ulang sumur (workover) di Blok Brantas, Sidoarjo, Jawa Timur. Saat ini Lapindo telah mulai melakukan kegiatan pengeboran pada sumur tersebut.

"Bor workover sudah berjalan lima sumur," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto kepada Katadata, Selasa (16/8).

Kontrak Lapindo di Blok Brantas akan habis pada 2020. Saat ini produksi di blok migas tersebut masih rendah, karena banyak sumur yang tidak bisa beroperasi. Masalahnya Lapindo Brantas harus mengganti dana talangan dari pemerintah untuk membayar ganti rugi bagi korban lumpur di Sidoarjo.

(Baca: Dilarang Mengebor, Lapindo Tetap Harus Bayar Dana Talangan)

President Corporate Communication Lapindo Brantas Inc Hesti Armiwulan mengatakan pihaknya ingin mengoptimalkan sisa tahun yang ada untuk bisa berproduksi lebih baik lagi. “Makanya kami melakukan program workover.” ujarnya.

Lapindo sudah mulai melakukan pengeboran sumur workover pada Mei lalu pada sumur Wunut-19. Hesti mengatakan pengeboran sumur yang sudah tidak beroperasi sejak 2013 lalu ini berhasil, aman, dan tidak mengalami masalah apa pun.

Dengan keberhasilan program workover di Wunut-19, Lapindo pun melakukan hal serupa di sumur lainnya, yakni Wunut-4 dan Wunut-16. Kemudian dilanjutkan pada sumur Wunut-3 dan Wunut-15. Totalnya ada lima sumur yang sudah mendapatkan izin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...