Kontrol Bantuan Sosial, Pemerintah Luncurkan E-Warong

Miftah Ardhian
18 Agustus 2016, 19:03
Buruh Pabrik Sepatu
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah meluncurkan e-warong, yaitu elektronik warung gotong royong, untuk meningkatkan akses terhadap perbankan. Program ini merupakan sinergi  Kementerian Sosial, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Komunikasi dan Infomatika.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan peluncuran program ini sebagai upaya pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial tanpa melalui transaksi tunai. Harapannya, bantuan sosial yang diberikan pemerintah dapat tepat jumlah, sasaran, dan kualitas. (Baca: Belanja Proyek Prioritas dan Sosial Tak Kena Pemotongan Anggaran).

Advertisement

Dengan transaksi nontunai diharapkan pula akses masyarakat ke perbankan menjadi semakin dekat. “Transaksi yang dilakukan ini zero cost atau tidak berbayar,” ujar Khofifah dalam acara pilot project peluncuran e-warong di Kampung Rawa, Jakarta, Kamis, 18 Agustus 2016.

Dalam program ini, masyarakat dapat melakukan transaksi e-warong dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Masyarakat dapat membuka rekening di bank BUMN manapun dan bertransaksi tanpa dikenakan biaya. (Baca juga: Otoritas Bank Belum Paham Kewajiban Lapor Transaksi Kartu Kredit).

Pada awal peluncuran, pemerintah membuka tujuh cabang e-warong yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya di Jakarta. Sebanyak 612 ribu masyarakat yang masuk kategori Program Keluarga Harapan (PKH) telah diberikan layanan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement