Lanjutkan Proyek Mangkrak, PLN Tunggu Rekomendasi BPKP

Miftah Ardhian
25 Oktober 2016, 20:24
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana untuk melanjutkan pembangunan sejumlah proyek pembangkit listrik yang selama ini mangkrak. Namun, dalam pelaksanaannya PLN akan tetap meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan pengecekan terkait kelayakan proyek-proyek tersebut.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Nicke Widyawati mengatakan ada 34 proyek pembangkit yang pembangunannya masih terkendala saat ini. Sebanyak 20 proyek telah masuk dalam perencanaan PLN untuk dilanjutkan dan 14 proyek lainnya akan diterminasi. Hal ini telah disampaikan PLN dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR hari ini.

(Baca: PLN Lanjutkan 21 Proyek Pembangkit Listrik yang Mangkrak)

Dalam RDP tersebut, PLN menyatakan hal ini merupakan hasil evaluasi sementara. Mengenai kepastiannya, PLN masih menunggu hasil evaluasi dan verifikasi BPKP. "Jadi kami akan tindak lanjuti setelah ada rekomendasi dari BPKP," ujar Nicke saat ditemui usai RDP di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (25/10).

Mengenai 14 proyek yang akan diterminasi, Nicke memastikan PLN telah mendapatkan proyek pembangkit lain sebagai penggantinya. Ini sesuai dengan yang telah tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016-2025.

Dengan begitu, PLN bisa menjamin daerah-daerah yang menjadi lokasi proyek pembangkit yang diterminasi tetap akan memiliki pembangkit listrik baru. Sehingga bisa meningkatkan rasio keterjangkauan listrik atau rasio elektrifikasi, khususnya di daerah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...