Fasilitas Produksi Minyak Lapangan Kedung Keris Dibangun 2017

Miftah Ardhian
9 Desember 2016, 18:01
Fasilitas pengolahan minyak di Blok Cepu
Arief Kamaludin|KATADATA
Fasilitas produksi minyak bumi di Blok Cepu

ExxonMobil Cepu Limited telah mendapat persetujuan rencana pengembangan (plan of development/ PoD) Lapangan Kedung Keris, Blok Cepu, Jawa Timur. Rencananya operator Blok Cepu ini akan mulai membangun fasilitas produksi di lapangan minyak bumi tersebut pada tahun depan.

Vice President Public and Government Affair ExxonMobil Cepu Erwin Maryoto mengungkapkan Lapangan Kedung Keris merupakan salah satu wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) yang akan menjadi investasi prioritas ExxonMobil tahun depan. Saat ini keputusan akhir investasi atau final investment decision (FID) telah berhasil dicapai, dan lapangan ini akan segera digarap mulai awal 2017.

Advertisement

Dengan mulai digarapnya proyek ini pada tahun depan, ExxonMobil menargetkan akan selesai pada 2020 dan langsung bisa mulai memproduksi minyak bumi pada tahun yang sama. Sebenarnya jadwal ini mundur dari target awal yang rencananya bisa mulai produksi (on stream) pada 2019. (Baca: Lapangan Kedung Keris di Blok Cepu Ditargetkan Berproduksi 2019)

Saat ini, kata Erwin, pihaknya sedang mempersiapkan desain rekayasa proyek yang lebih terperinci atau Front-End Engineering Design and Detailed Design (FEED). Ini dilakukan berbarengan dengan proses pengadaan lahan dan pengadaan pipa baru untuk mengalirkan hasil produksi minyaknya menuju fasilitas produksi utama atau Central Processing Facility (CPF) Banyu Urip.

"Fasilitasnya baru mau mulai dibangun dan setelah jadi di 2020, baru mulai produksi." ujar Erwin saat dihubungi Katadata, Jumat (8/12).

Erwin menjelaskan setelah pembangunan fasilitas produksi ini selesai, ExxonMobil baru akan mengajukan rencana kerja dan anggaran (work program and budget/WP&B) kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Makanya dia belum bisa menyebutkan berapa besar produksinya.

Dalam WP&B ini akan dicantumkan berapa target produksi yang akan dilakukan oleh Exxon. Dia menjelaskan, sesuai dengan PoD yang telah disetujui, fasilitas produksi yang akan dibangun di Lapangan Kedung Keris memiliki kapasitas hingga 5.000 barel per hari (bph). (Baca: 2017, Exxon Genjot Produksi Blok Cepu Hingga 200 Ribu Barel)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement