Daftar Panjang Salah Investasi yang Menggerus Dana Bumiputera

Martha Ruth Thertina
23 Desember 2016, 12:56
Bumiputera
Arief Kamaludin (Katadata)

Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera tengah menghadapi persoalan likuiditas keuangan yang teramat berat. Kewajibannya terus membengkak sementara nilai asetnya kian menciut. Salah satu penyebab utamanya adalah kesalahan investasi yang terus berulang. Pengelola asuransi jiwa tertua di Indonesia ini akan mengambil tindakan. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, aset Bumiputera saat ini tak sampai Rp 10 triliun. Bahkan, aset finansial yang likuid di bawah Rp 4 triliun dari total aset finansial yang berkisar Rp 6 triliunan. Sebaliknya, kewajibannya per Juli lalu mencapai Rp 20 triliunan.

Advertisement

Penyebabnya, perusahaan berulang kali mengalami rugi investasi lantaran menempatkan dana di aset-aset finansial yang berisiko tinggi. Hal ini sudah terendus oleh Pengelola Statuter Bumiputera yang ditunjuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menggantikan direksi dan komisaris guna menyelesaikan restrukturisasi di tubuh perusahaan mutual tersebut.

“Tahun depan penindakan,” kata Pengelola Statuter AJB Bumiputera bidang SDM, Umum dan Komunikasi Adhi Massardi kepada Katadata, Selasa (20/12). (Baca juga: Kondisi Keuangan AJB Bumiputera Terancam Memburuk)

AJB Bumiputera misalnya, menderita rugi besar lantaran berinvestasi di saham perusahaan minyak dan gas bumi PT Sugih Energy Tbk. (SUGI). Sumber Katadata mengatakan, nilai investasi di saham tersebut mencapai Rp 250 miliar. Belakangan, investasi itu tergerus bersamaan dengan jatuhnya harga saham SUGI di bursa.

Bahkan, saat ini, saham SUGI dibekukan perdagangannya oleh otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) karena dinilai penurunan harga sahamnya tak wajar.

Namun, penjelasan lebih terang datang dari manajemen Bumiputera. Berinvestasi pada saham SUGI itu sesungguhnya bagian dari restrukturisasi portofolionya.

"Tidak ada uang kas yang dikeluarkan. Itu transaksi swap dengan saham-saham yangg sudah bertahun-tahun merugi. Nilai saham-saham yg ditukar hanya setengahnya, jadi pada saat transaksi nilai portofolionya naik dua kali lipat," ujar seorang manajemen AJB Bumiputera yang enggan disebut namanya tersebut.

Sedangkan mantan Komisaris AJB Bumiputera Irvan Rahardjo mengungkapkan, persoalan salah urus investasi semacam ini kerap terjadi. Saban tahun, ada saja dana investasi AJB yang karam dan tidak bisa kembali. Ujungnya, 'dana raib' itu dicatatkan dalam pos aktiva lain (reklasifikasi).

Cara ini juga dipakai manajemen AJB Bumiputera untuk menutup kasus kerugian investasi bernilai Rp 457 miliar pada era pertengahan tahun 2000. “Memang kelihatannya sengaja (dibobol)," ujar Irvan.

Hal itu terlihat dari keputusan investasi yang tanpa melalui prosedur atau standardisasi, misalnya kriteria penunjukan manajer investasi untuk mengelola dana. "Tidak ada kriteria manajer investasi harus (berperingkat) triple A, triple B. Suka-suka saja, kedekatan saja,” katanya.

Irvan menunjuk beberapa contoh kesalahan investasi yang berujung kepada kerugian AJB Bumiputera. Antara lain Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) oleh berbagai manajer investasi. Ia mencatat KPD besutan PT Bumiputera Capital Indonesia (BCI), PT Optima Kharya Capital Management, PT Sinergy Asset Management, PT Falcon Asia Resources Management, PT NATPAC Asset Management, dan PT Sarijaya Permana Sekuritas. "Rata-rata kerugian investasi itu di atas Rp 100 miliar."

Dalam surat tertanggal 1 Februari 2011 yang dilayangkan direksi AJB Bumiputera kepada pengawas perasuransian ketika itu – Biro Perasuransian Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Kementerian Keuangan -  terungkap fakta, penempatan investasi yang dilakukan perusahaan melanggar keputusan Menteri Keuangan mengenai jenis-jenis investasi yang dibolehkan.

Alhasil, AJB Bumiputera juga mendapatkan sanksi peringatan ketiga dari Bapepam-LK. Untuk mencabut sanksi itu dilakukanlah reklasifikasi. Kasus investasi ini jadi salah satu penyebab auditor independen menyematkan opini tidak wajar untuk laporan keuangan AJB Bumiputera pada 2009 sampai 2011. Auditor independen menyoroti KPD sebesar Rp 457 miliar dan Rp 511 miliar pada 2010 dan 2009.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement