Hingga 2035, Pemerintah Fokus Kembangkan Industri Dirgantara

Image title
28 Desember 2016, 11:51
Pesawat Air Asia dan Garuda
DONANG WAHYU | KATADATA

Kementerian Perindustrian mencanangkan fokus pengembangan industri kedirgantaraan sampai tahun 2035. Untuk mengembangkan komunitas industrinya, pemerintah mendorong pembentukan asosiasi dan mendirikan pusat desain dan teknik pesawat.

“Fokus pengembangan industri hingga tahun 2035, untuk sektor industri kedirgantaraan adalah pengembangan pesawat, komponen pesawat dan perawatan pesawat,” ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui siaran pers, Selasa (27/12/2016).

Produksi pesawat merupakan salah satu bagian dalam alat transortasi yang telah ditetapkan sebagai industri andalan. Penetapannya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 14 tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035.

(Baca juga:  Tahun Depan, Garuda dan Citilink Targetkan 40 Juta Penumpang)

Untuk mendukung pengembangan industri ini, Kementerian Perindustrian juga menyiapkan program pengembangan. Di antaranya melalui kebijakan penggunaan produk dalam negeri, kebijakan pengembangan kawasan industri, kebijakan pengembangan komponen pendukung, dan pengembangan sumber daya manusia.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga telah mengukuhkan Asosiasi Industri Komponen pesawat Udara, yakni Indonesia Aircraft and Component Manufacture Association (INACOM). Anggota asosiasi ini terdiri dari berbagai industri di bidang metal, karet, plastik, Polyurethane, serta lembaga riset, dan konsultan.

Airlangga berharap, INACOM mampu mendukung penyediaan komponen untuk pesawat produksi dalam negeri. Selain itu, INACOM didorong untuk menjadi bagian penting dalam rantai pasok global dalam industri pesawat di dunia.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...