17 Bank Swasta Belum Penuhi Target Penyaluran Kredit UMKM

Desy Setyowati
9 Februari 2017, 13:01
Rupiah
Arief Kamaludin|KATADATA
Kegiatan cash center Bank BNI, Jakarta

Bank Indonesia mencatat, ada 17 bank swasta yang belum memenuhi target minimal penyaluran kredit untuk usaha ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Bank-bank itu umumnya berskala kecil.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo enggan merinci nama-nama bank tersebut. Yang pasti, mereka tergolong Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) I yang modal intinya di bawah Rp 1 triliun dan BUKU II yang modal intinya antara Rp 1-5 triliun.

Untuk itu, Agus pun meminta dukungan politik dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Kami ingin parlemen memberi dukungan politik di sini. Kalau Indonesia tidak memberi perhatian pada UMKM maka rencana untuk membangun secara inklusif dengan mempersempit gap antara si kaya dan miskin tidak akan tercapai," katanya saat Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI di Gedung MPR DPR, Jakarta, Kamis (9/2).

(Baca juga:  BI Waspadai Peningkatan Defisit Transaksi Berjalan Tahun Ini)

Agus menyatakan, Peraturan Bank Indonesia nomor 14 tahun 2015 mewajibkan perbankan menyalurkan kredit ke UMKM minimal 20 persen dari portfolionya. Namun setelah lima tahun peraturan itu berlaku, rata-rata penyaluran kredit perbankan ke UMKM baru mencapai 19,4 persen dari portfolio.

Bahkan, ada Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang terlalu fokus pada pinjaman konsumsi. “Jadi harus ada upaya untuk mengarahkan kredit ke sektor produktif,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Pingit Aria
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...