PT Dirgantara Indonesia Uji Terbang Pesawat N-219 pada Mei 2017

Miftah Ardhian
2 Maret 2017, 14:53
Dirgantara Indonesia (PT DI)
Katadata | Arief Kamaludin

PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PT DI menargetkan pesawat buatannya N-219 dapat mengudara paling lambat bulan Mei 2017 ini. Penerbangan perdana ini merupakan uji coba pesawat yang seluruhnya dikerjakan oleh tenaga kerja dalam negeri.

Direktur Utama PT DI Budi Santoso menjelaskan, program pembangunan pesawat N-219 ini merupakan sarana untuk mendidik anak bangsa untuk bisa meregenerasi teknisi-teknisi saat ini yang segera memasuki masa pensiun, khususnya di PT DI.

Advertisement

"Nah di N-219 itu kita harus putuskan sendiri, di N-219 tidak ada satu pun tenaga asing yang jadi teknisi," ujar Budi saat ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Kamis (2/3).

(Baca juga: CN-245, Pesawat Baru PTDI Siap Mengudara pada 2018)

Budi menjelaskan, beberapa bulan ini, dirinya tenagh berfokus untuk menyelesaikan pembangunan pesawat ini. Menurutnya, perkembangan pembangangunan pesawat ini hampir memasuki tahap akhir. Segala macam uji kelayakan seperti uji beban pun sudah dilakukan. Sehingga, tinggal dibutuhkan uji terbang yang akan dilakukan paling lambat bulan Mei 2017 ini.

"Mei baru terbang pertama, akhir tahun kita harapakan selesai seluruhnya. Kita harapakan terbang dari Bandung balik ke Bandung (saat uji coba)," ujarnya. Namun, memang, PT DI sendiri tengah mencari pilot yang akan digunakan untuk menerbangkan pesawat ini secara perdana.

Grafik: Jurusan dengan Gaji Awal Tertinggi Dunia (2016)
Jurusan dengan Gaji Awal Tertinggi Dunia (2016)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement