Pertemuan IMF-World Bank, Pemerintah Sulap Hotel Jadi Kantor

Miftah Ardhian
13 Maret 2017, 15:41
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah terus mempersiapkan segala kebutuhan untuk kesuksesan pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali pada tahun depan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyediakan tempat bekerja bagi staf-staf kedua lembaga yang akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan rencananya akan ada 1.500 staf dari IMF dan World Bank yang akan datang ke Indonesia mengikuti pertemuan tersebut. Mereka pasti membutuhkan tempat untuk bekerja, mempersiapkan bahan dalam pertemuan tersebut.

"Akan ada 1.500 staf IMF-World Bank yang akan berkantor di Nusa Dua, jadi harus mengkonversi hotel menjadi kantor," ujar Rudiantara saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (13/3). Pemerintah juga akan mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan.

Kementerian Perhubungan juga mendapat tugas untuk menyediakan fasilitas transportasi dalam pertemuan tersebut. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan fokus untuk menyiapkan bandara guna menampung pesawat-pesawat yang akan digunakan oleh peserta. Apalagi jumlah orang yang mengikuti pertemuan ini sangat banyak.

"Jadi, kami meminta panitia memastikan berapa yang pakai pesawat umum dan dari negara mana. Supaya kami atur secara lebih efisien. Karena Bali itu kan terbatas (kapasitas bandaranya)," ujar Budi. (Baca: Dipimpin Luhut, Pemerintah Persiapkan Pertemuan IMF-World Bank)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dirinya ingin agar kegiatan tersebut berjalan maksimal. Dia ingin acara tersebut terselenggara secara baik karena dapat memberikan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh Indonesia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...