Jokowi Minta 34 Pembangkit Listrik Mangkrak Dilanjutkan

Ameidyo Daud Nasution
20 Maret 2017, 12:02
proyek PLTU MAngkrak
Biro SetPres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu, 18 Maret 2017, meresmikan delapan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Mobile Power Plant (MPP) dengan total kapasitas 500 Mega Watt (MW) di seluruh Indonesia.

Peresmian delapan PLTG MPP dengan total kapasitas 500 MW dan sembilan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut dipusatkan di PLTG MPP Parit Baru, Pontianak, Sumatera Barat. Namun, yang menarik perhatiannya adalah keberadaan sebuah pembangkit listrik mangkrak di samping lokasi.

Advertisement

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa saat ini terdapat 34 pembangkit listrik yang mangkrak. Ia juga telah memerintahkan kepada jajarannya untuk menyelesaikan proyek-proyek yang terbengkalai itu.

"Ya ada 34 kan, sudah sering saya sampaikan kalau bisa diselesaikan ya diselesaikan, tidak apa-apa," ujar Jokowi melalui siaran pers, Ahad (19/3).

(Baca juga:  Revisi Rencana Listrik, PLN Tambah 4.000 MW PLTU Mulut Tambang)

Presiden berpesan agar berhati-hati apabila akan meneruskan pembangunan pembangkit listrik yang mangkrak. Sebab, ada dua syarat yang harus dipenuhi, yaitu masalah hukumnya sudah beres dan harus dibangun sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

" Jadi jangan main-main dengan hal teknis detil, pasti saya akan lihat karena menyangkut uang yang triliunan," ucap Presiden.

Selain itu, Jokowi berharap pembangkit listrik yang baru diresmikannya akan dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi 100 ribu rumah tangga. Pasokan listrik, menurutnya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi serta pembangunan di Bumi Khatulistiwa.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement