DEN Pesimistis Rencana Energi Daerah Selesai Sesuai Target

Anggita Rezki Amelia
30 Maret 2017, 14:21
Pembangkit Listrik Muara Tawar, Bekasi
Arief Kamaludin|KATADATA

Dewan Energi Nasional pesimistis penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) bisa selesai tepat waktu. Peta jalan energi di masing-masing daerah ini seharusnya bisa selesai dalam satu tahun setelah Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Maret lalu.

Menurut Anggota DEN Rinaldy Dalimi, kendala dalam menyusun RUED adalah koordinasi antar sektor di daerah. “Saya tidak yakin semua daerah siap menyelesaikan RUED dalam setahun," kata dia usai sidang Anggota DEN ke 21 di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (30/3). 

Advertisement

Saat ini, dari 34 provinsi di Indonesia, baru sekitar 14 sampai 15 provinsi yang sudah menyelesaikan RUED. Namun Rinaldy mengatakan RUED tersebut juga masih harus disinkronkan dengan RUEN. (Baca: Jonan Minta Pemda Selaraskan Kebijakan Energi dengan Aturan Jokowi)

Beberapa daerah yang sudah menyelesaikan RUED diantaranya Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta. Sementara provinsi yang belum menyelesaikan RUED salah satunya Bali dan NTT.

Rinaldy mengatakan penyusunan RUED di Riau bisa cepat karena pemerintah daerahnya fokus untuk menyelesaikannya. Apalagi di Provinsi tersebut juga kaya akan sumber daya alam, sehingga perlu acuan untuk mengelolanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement