Jasa Marga Akan Jual Saham Jalan Tol Semarang-Solo dan JORR W1

Miftah Ardhian
9 Mei 2017, 17:11
Pintu tol
Katadata | Arief Kamaludin

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana melepas sebagian kepemilikan sahamnya di ruas tol Semarang-Solo dan Jakarta Outter Ring Road (JORR) W1 pada tahun ini. Rencana tersebut sejalan dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar BUMN melakukan sekuritisasi aset demi memperoleh dana segar untuk membangun ruas tol baru.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, perseroan tengah menyusun skema pelepasan sebagian saham ruas tol Semarang-Solo pada tahun ini. Perusahaan pelat merah ini tidak akan melepas semua kepemilikan sahammya dan berencana tetap menjadi pemegang saham mayoritas di ruas tol tersebut.

Advertisement

Rencananya, Jasa Marga hanya akan melepaskan 15-20 persen saham. "Sekarang kan masih 75 persen lah (kepemilikan saham Jasa Marga). Mau dikurangi jadi 55 atu 60 persen. Jadi tetap mayoritas tapi dikurangi kepemilikannya," ujar Desi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (9/5).

Sekadar informasi, selain Jasa Marga, ruas tol Semarang-Solo itu imiliki oleh PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (PT SPJT), yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jateng. (Baca: Desak BUMN Jual Aset, Jokowi: Cara Pikir BUMN Jangan Kuno)

Desi masih enggan menjelaskan target perolehan dana dari penjualan sebagian saham ruas tol yang saat ini dioperasikan oleh PT Trans Marga Jawa Tengah tersebut. Yang jelas, seluruh proses penjualannya diharapkan rampung pada semester satu ini.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement