Dua Proyek Pipa Terancam Kekurangan Pasokan Gas

Anggita Rezki Amelia
17 Juli 2017, 19:17
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Pasokan gas merupakan salah satu hal penting dalam proyek pipa. Namun, saat ini ada beberapa proyek pipa gas yang terancam kekurangan pasokan. Sehingga bisa menjadi kendala dalam pelaksanaan proyek tersebut.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH) Migas Fanshurullah Asa mengatakan salah satu proyek yang terkendala pasokan gas adalah pipa transmisi Cirebon-Semarang. Proyek ini digarap oleh Rekayasa Industri (Rekind) sejak 2015.

(Baca: Pembangunan Pipa Gas Cirebon-Semarang Dimulai Bulan Depan)

Namun, hingga kini proyek tersebut masih jalan di tempat akibat pasokan gas. Rencananya pasokan dari proyek tersebut berasal dari Lapangan Jambaran Tiung Biru. Namun sampai sekarang masih terbentur keekonomian harga jual gasnya. 

Untuk itu, Rekind akan memberikan jawaban kepada BPH Migas dan Direktorat Jenderal Migas mengenai kelanjutan membangun pipa ruas transmisi Cirebon-Semarang. "Kami sudah minta deadline-nya ke Rekind hingga 15 September 2017 untuk menentukan sikap," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/7). 

Selain proyek baru, kekurangan pasokan juga mengancam pipa yang sudah dibangun seperti Kalimantan - Jawa (Kalija) sudah beroperasi pada 2015 lalu. Pasokan gas untuk proyek ini berasal darai Lapangan Kepodang yang dikelola Petronas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...