Mampu Kelola Mandiri, PHE Belum Niat Cari Mitra di Blok ONWJ

Anggita Rezki Amelia
4 Agustus 2017, 21:29
Rig Minyak
Katadata

PT Perusahaan Pertamina Hulu Energi (PHE) belum berencana menggandeng mitra dalam pengelolaan Blok Offshore North West Java (ONWJ). Alasannya anak usaha PT Pertamina (Persero) ini masih menganggap mampu mengelola blok tersebut secara mandiri. 

Presiden Direktur PHE Gunung Sardjono Hadi mengatakan sudah menyampaikan keinginan mengelola Blok ONWJ secara mandiri ke induk usahanya. "Kami sanggup sekali dan tidak ada masalah," kata dia kepada Katadata, Jumat (4/8).

(Baca: Pertamina Dapat Tambahan Bagi Hasil 5% di Blok ONWJ)

Saat ini, PHE memang memegang hak kelola Blok ONWJ sebesar 100%. Dari jumlah tersebut, nantinya 10% diberikan kepada pemerintah daerah sesuai dengan  Peraturan Menteri ESDM Nomor 37 Tahun 2016.

Namun, ke depannya, Gunung juga tidak menutup kemungkinan PHE mencari mitra mengelola Blok ONWJ. Perusahaan masih memerlukan waktu satu sampai dua tahun mengevaluasi kinerja perusahaan sebelum memutuskan apakah menggandeng mitra baru atau tetap mengelola blok tersebut sendiri.

Jika jadi menggandeng mitra, ada beberapa persyaratan yang diajukan.  Salah satunya adalah memiliki teknologi baru seperti teknologi pengurasan minyak (Enhanced Oil Recovery/EOR) yang bisa meningkatkan produksi minyak di Blok ONWJ.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...