Astra Akan Akuisisi Ruas Tol Trans Jawa Milik Waskita Karya

Miftah Ardhian
9 Agustus 2017, 15:03
Astra
Arief Kamaludin | Katadata

PT Astra International Tbk berencana mengakuisisi sejumlah ruas jalan tol yang dilelang, termasuk milik PT Waskita Karya (Persero) tbk. Selain itu, Astra juga akan membidik beberapa lini bisnis lainnya.

Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko menyebut, perusahaannya sedang membidik rencana lelang beberapa ruas tol di Trans Jawa. Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga berencana melepas saham anak usahanya yakni Waskita Toll Road.

Menurutnya, rencana ini akan dimatangkan dalam beberapa pekan ke depan. "Kami maunya akuisisi ruas ya. Karena kalau ke saham Waskita Toll Road itu besar sekali uangnya," ujar Paulus saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (9/8).

(Baca juga:  Atasi Kampanye Hitam CPO, Astra Agro Genjot Ekspor ke Timur Tengah)

Di antara ruas tol Waskita Karya yang telah dipublikasikan akan dilepas adalah Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Pasuruan-Probolinggo. Rencananya beberapa ruas tol ini ditawarkan dalam satu paket.

Ia menyebut, Astra telah sering membentuk joint venture (JV) dalam kepemilikan ruas-ruas tol, sehingga, tidak menutup kemungkinan akan membentuknya lagi untuk mengakuisisi ruas tol milik Waskita Karya. Mitranya pun bisa dari dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, Astra juga akan tetap fokus menyelesaikan beberapa ruas tol yang telah dimilikinya seperti Tol Tangerang-Merak (74,25 kilometer/km), Tol Jombang-­Mojokerto (40,5 km), Tol Kunciran-­Serpong (11,2 km).

(Baca juga: Terbelit Efek Kredit Macet, Pendapatan Bunga Bank Permata Turun 22%)

Selain itu, ada juga Ruas Semarang-­Solo yang dimiliki PT Jasa Marga (Persero) sepanjang 72,6 km dengan porsi saham 25 persen. Kemudian Ruas Serpong – Balaraja dengan saham 25 persen dan Ruas Cikopo-­Palimanan dengan panjang 116 km dengan porsi saham 22,3 persen.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...