Luncurkan Expander di GIIAS, Mitsubishi Bidik 20% Pangsa Pasar MPV

Michael Reily
15 Agustus 2017, 18:54
Expander
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Chief Executive Officer Mitsubishi Motor Corporation Osamu Masuko berfoto disamping mobil Mitsubishi XPANDER pada Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exebition (ICE Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (10/8).

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia mengincar 20% pangsa pasar mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Salah satu strateginya adalah dengan meluncurkan Expander di Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017.

Direktur Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Irwan Kuncoro menyatakan, MPV berukuran kecil adalah segmen terbesar dalam pasar penjualan mobil untuk penumpang, yaitu 30%. Dengan asumsi penjualan mobil dalam setahun sebesar 900 ribu unit, dia menyebut penjualan MPV adalah 270 ribu unit.

"Permintaan per bulan sekitar 20 ribu unit, target awal Expander di angka 4 ribu," kata Irwan kepada wartawan di GIIAS 2017, Tangerang, Selasa (15/8).

Target itu merupakan refleksi penjualan 6 hari sejak Expander diluncurkan. Irwan menyebut Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di GIIAS 2017 mencapai 1.700 pesanan. Selain itu, peluncuran Expander dibarengi dengan promosi di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, dan Medan.

(Baca juga:  Wuling Targetkan Penjualan 8 Ribu Mobil Murah Confero)

Promosi di 6 kota tersebut berhasil menghasilkan jumlah pemesanan sebanyak 1.200 unit sehingga total akumulasi pemesanan di GIIAS 2017 dan pameran mencapai 2.900 unit.

Dia mengaku masih ada pemesanan lain di luar pameran dan promosi. Estimasinya, jumlah SPK dari dealer Mitsubishi di seluruh Indonesia ada sekitar 2.000 pesanan. "Akumulasinya, hingga kemarin, ada 5 ribu sampai 6 ribu pemesanan Expander," ujar Irwan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...