Danai Kereta Cepat, China Development Bank Akan Buka Kantor di Jakarta

Dimas Jarot Bayu
18 Agustus 2017, 18:16
Kereta Cepat
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana ekspo Jaringan Kereta Cepat Negara Tiongkok di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

China Development Bank (CDB) berencana membuka kantor perwakilannya di Indonesia untuk mendukung kegiatan pembiayaan proyek infrastruktur.

CDB merupakan lembaga yang membiayai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sebesar 75% dari kebutuhan proyek yang mencapai US$ 5,9 miliar. Sisanya 25% akan didanai dari modal perusahaan konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC).

"Bersama BI dan OJK menyangkut masalah China Development Bank, (yang hendak buka) kantor di sini," kata Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, di kantor Kementerian Maritim, Jakarta (18/8).

(Baca: Luhut: Tak Masalah Jika Saham BUMN di Proyek Kereta Cepat Cina Kecil)

Gubernur BI Agus Martowardojo menambahkan, pemerintah membutuhkan sumber pembiayaan untuk proyek infrastruktur di Indonesia. Saat ini, alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur dalam APBN 2017 sebesar Rp 387,7 triliun.

Sedangkan, pada 2018 anggaran infrastruktur direncanakan hanya naik 2%, menjadi sebesar Rp 409 triliun. "Kami memang harus mengeksplorasi tentang sumber pembiayaan untuk pembangunan," kata Agus.

Dengan anggaran yang terbatas, pemerintah mendorong peran swasta dalam pembangunan infrastruktur. Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menjelaskan, pemerintah ingin pembiayaan pembangunan infrastruktur didorong oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...