Bos Alibaba, Jack Ma Resmi Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Pingit Aria
23 Agustus 2017, 11:42
Rudiantara
Arief Kamaludin|KATADATA
Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara Katadata Forum bertajuk "Konektivitas Telekomunikasi Indonesia di Era Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa (29/11).

Pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma telah menerima tawaran untuk menjadi penasihat steering committee roadmap e-commerce Indonesia. Sementara, Alibaba juga mendominasi pasar e-commerce Indonesia melalui kepemilikannya di Lazada dan Tokopedia.

Kabar soal diterimanya tawaran ini disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Ia mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution bertemu dengan Jack Ma di Beijing, Selasa (22/8) kemarin.

“Kami sudah sampaikan undangan resmi dan dengan senang hati Jack Ma menyetujuinya,” terang Rudiantara saat dihubungi, Rabu (23/8).

(Baca juga:  Dilirik Alibaba hingga Amazon, Begini Persaingan e-Commerce Indonesia)

Dia menambahkan, selain soal tawaran untuk menjadi penasihat e-commerce Indonesia, pertemuan dengan Jack Ma juga membahas sejumlah masalah lain. Di antaranya adalah mengenai sumber daya manusia dan proses pembuatan kebijakan.

Grafik: Pasar e-Commerce Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara 2015-2025
Pasar e-Commerce Negara-Negara Kawasan Asia Tenggara 2015-2025

“Yang juga kami bicarakan kemarin adalah tentang isu cara mengembangkan kemampuan dan kapasitas sumber daya manusia, baik talenta untuk pemain maupun perubahan mindset bagi policy maker dan masyarakat sebagai konsumen,” imbuhnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...