PLN Targetkan 1.000 Stasiun Penyedia Daya Kendaraan Listrik di Jakarta

Arnold Sirait
28 Agustus 2017, 09:49
SPLU
PLN

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menargetkan pemasangan 1.000 stasiun penyedia listrik umum (SPLU) di Jakarta tahun ini. Ini untuk mendukung program kendaraan listrik, baik berupa sepeda, motor ataupun mobil.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan secara total, di Indonesia saat ini sudah terpasang 875 SPLU. SPLU yang dikembangkan sejak 2015 ini tersebar di beberapa tempat yakni di  Jakarta, Bandung, Bangka Belitung, Riau dan Kepulauan Riau, Muara Bungo, Bengkulu, Lampung, Manado, Gorontalo, Palu, Kotamobagu, Yogyakarta, Bali, Makassar, dan masih banyak lagi.

(Baca: Jonan: Presiden Jokowi Khawatir Cara Pengisian Ulang Mobil Listrik)

Namun, untuk Jakarta, sejak diluncurkan 4 Agustus 2016 hingga akhir Juli 2017 sudah terpasang 542. Jumlah itu akan terus meningkat hingga mencapai 1.000 di akhir tahun nanti.

Lokasi SPLU ini dapat ditemukan melalui aplikasi Google Maps dengan kata kunci “SPLU PLN”. “Hal ini sudah dipersiapkan sejak lama untuk menjawab tantangan di masa depan,” kata I Made Suprateka, dikutip dari keterangan resminya, Senin (28/8).  

PLN juga yakin bisa memenuhi ketersediaan SPLU dengan kualitas maksimal. Apalagi daya pasok energi listrik juga banyak dipasok dari pembangkit baru yang berasal dari program 35.000 MW.  

Inovasi PLN sebagai infrastruktur pengisian kendaraan listrik ini, pada awalnya dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum, seperti untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau pedagang kaki lima (PKL). Seiring dengan berkembangnya teknologi, SPLU pun dapat digunakan untuk mengisi ulang energi kendaraan listrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...