5.000 Paket Proyek Kementerian PUPR 2018 akan Dilelang Bulan Depan

Ameidyo Daud Nasution
8 September 2017, 10:53
Kementerian PUPR AK
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bisa mulai melelang proyek tahun anggaran 2018 pada bulan depan. Total proyek infrastruktur yang akan dilelang dini tahun depan mencapai 5.000 paket.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan lelang tersebut akan dilakukan bertahap dari Oktober hingga Desember mendatang. Namun teknis penganggarannya sendiri masih akan dibahas Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Mudah-mudahan bisa siap Oktober nanti," kata Basuki di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/9).

Basuki juga menambahkan untuk paket proyek yang belum lelang pada tahun ini rencananya akan direalokasikan ke proyek yang berjalan lebih cepat. Dirinya menaksir hingga saat ini nilai proyek yang belum lelang tersebut mencapai Rp 2 triliun. Mayoritas dari Direktorat Jenderal Bina Marga sekitar Rp 900 miliar untuk proyek jalan tahun depan.

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018, Kementerian PUPR mengajukan pagu anggaran sebesar Rp 106,9 triliun. Ditjen Bina Marga kembali mendapatkan alokasi paling besar, dengan nilai yang mencapai Rp 41,3 triliun. (Baca: Pemerintah Akan Resmikan 380 Kilometer Jalan Tol Baru Tahun Ini)

Berdasarkan data Kementerian PUPR yang diterima Katadata, anggaran kementerian tersebut akan digunakan untuk mengerjakan sejumlah proyek prioritas. Beberapa diantaranya seperti 865 kilometer jalan baru, 25 kilometer jalan tol porsi pemerintah, pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Natuna dan Wakatobi, hingga pembangunan 11 bendungan baru.

"Untuk jalan baru di Pantai Selatan Jawa serta Trans Papua," demikian bunyi keterangan dalam data tersebut.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengajukan anggaran terbesar kedua dengan nilai Rp 37,3 triliun. Lalu disusul dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan nilai Rp 15,9 triliun dan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan sebesar Rp 9,6 triliun.

(Baca: Penetapan Lokasi Terbit, 3 Proyek Bendungan Masuk Proses Lelang)

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...