Pertama di Indonesia, Fitur Jual-Beli Obligasi Online Bank Permata

Miftah Ardhian
11 September 2017, 16:48
Bursa saham
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Beberapa siswa berfoto dengan latar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (24/2).

PT Bank Permata Tbk meluncurkan fitur E-Bond yang terdapat dalam platform digitalnya yang bernama Permata E-Wealth. Fitur ini merupakan layanan transaksi jual-beli obligasi, khususnya Surat Utang Negara (SUN) meIaIui internet banking pertama di Indonesia.

Direktur Retail Banking Bank Permata Bianto Surodio menjelaskan, fitur ini diluncurkan guna memberikan kemudahan kepada nasabah Bank Permata untuk melakukan transaksi jual beli obligasi, khususnya berupa SUN.

Ada dua langkah yang perlu dilakukan sebelum bisa menikmati fitur E-Bond tersebut. Pertama, menjadi nasabah Bank Permata dan mengunjungi kantor cabang untuk melakukan transaksi pembelian obligasi untuk pertama kali.

(Baca juga:  Setelah Kioson, E-commerce M-Cash Bersiap Masuk Bursa)

"Datang ke kantor cabang hanya perlu satu kali saja untuk registrasi sendiri dan juga untuk menerangkan kepada nasabah untuk mengetahui esensi dari registrasinya," ujar Bianto saat ditemui usai acara peluncuran fitur E-Bond, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (11/9).

Selanjutnya, nasabah perlu melakukan registrasi layanan Internet banking Bank Pertama. Setelah itu, nasabah dapat secara leluasa mengakses fitur E-Bond di dalam platform internet banking Bank Permata untuk melakukan transaksi pembelian.

“Dengan demikian, transaksi pun bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu mengikuti prosedur konvensional,” ujarnya.

Bianto pun berharap fitur ini dapat membuat volume transaksi jual-beli obligasi bisa semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan pendanaan program pemerintah, khususnya dalam pembangunan infrastruktur. Walaupun, yang melakukan transaksi ini masih kebanyakan nasabah prioritas.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...