OJK Dorong Fintech Kerja Sama Garap Potensi Pembiayaan Rp 1.000 T

Miftah Ardhian
16 September 2017, 11:54
OJK
Donang Wahyu|KATADATA
OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong pengusaha financial technology (fintech) pinjam-meminjam dana (peer to peer lending) untuk saling bekerja sama, bahkan berkolaborasi dengan perbankan untuk menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat. Sebab, masih banyak masyarakat yang membutuhkan pembiayaan usaha tapi belum bisa dilayani lembaga jasa keuangan konvensional.

Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan fintech OJK Hendrikus Passagi mengatakan, terdapat potensi pembiayaan sebesar Rp 1.000 triliun setiap tahun yang belum bisa diakomodasi oleh lembaga jasa keuangan konvensional. Potensi tersebut terutama berada di daerah-daerah. Indikasi tersebut terlihat dari banyaknya rentenir individu yang meminjamkan dananya.

Advertisement

"Artinya itu petanda banyak orang butuh pendanaan untuk bangun usaha atau apapun tetapi ketersediaan dananya tidak ada," Hendrikus saat acara diskusi di @america, Pacific Place Mall, Jakarta, Jumat (15/9). (Baca juga: OJK Ungkap Alasan Tak Atur Ketat Bunga Fintech Pinjam Meminjam)

Menurut dia, setidaknya dibutuhkan 800 perusahaan fintech untuk bisa menyerap potensi sebesar Rp 1.000 triliun tersebut. Maka itu, ia pun mengusulkan agar pengusaha-pengusaha fintech melakukan dua langkah kolaborasi agar potensi tersebut bisa terserap optimal.

Pertama, ia mengusulkan agar perusahaan fintech yang baru berdiri bekerja sama dengan yang lebih mapan dalam hal sistem yang digunakan. Kerja sama tersebut mirip dengan yang terjadi di industri pesawat terbang. Ada banyak maskapai namun mesin yang digunakan sama-sama berasal dari Boeing dan Airbus.

"Jadi jangan juga memikirkan ayo bangun coding dari awal. Jangan, nanti Anda ketinggalan, kan bisa profit sharing (berbagi untung)," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement