Jokowi Klaim Ekspor Meningkat Berkat Pembangunan Infrastruktur

Michael Reily
11 Oktober 2017, 13:35
Presiden Joko Widodo
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo mengamati senapan serbu produksi PT Pindad (Persero) ketika mengunjungi pameran Trade Expo Indonesia ke-30 Tahun 2015 di Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta, Rabu (21/10).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan peningkatan ekspor Indonesia turut didorong oleh percepatan pembangunan infrastruktur. Selain itu, kerja sama dengan pemerintah dengan dunia usaha turut mendorong kenaikan nilai perdagangan luar negeri.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspor Indonesia periode Januari-Agustus 2017 mencapai US$ 108,79 miliar. Angka tersebut meningkat 17,58% dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan ekspor nonmigas mencapai US$98,77  miliar atau meningkat 17,73 % dibanding periode yang sama tahun 2016.

“Semua ini merupakan perpaduan, kerja sama beriringan antara eksportir swasta dunia usaha dengan pemerintah, tentu saja karena pembangunan infrastruktur dan konektivitas yang telah kita percepat tiga tahun terakhir,” kata Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD, Banten.

Menurutnya, peningkatan ekspor juga turut menndongkrak peringkat Indonesia di World Competitive Index. Dari 137 negara, Indonesia tahun ini berada di peringkat 36, naik 5 tingkat dari tahun lalu yakni 41.

Momentum kenaikan peringkat seharusnya menumbuhkan optimisme masyarakat. “Karena kunci pertumbuhan ekonomi ada dua, yaitu ekspor dan investasi yang harus naik,” tutur Jokowi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...