Pinjam.co.id Bersiap Ekspansi Bisnis Gadai Daring ke Luar Jakarta

Miftah Ardhian
12 Oktober 2017, 18:27
Logam Mulia 2.jpg

Perusahaan teknologi finansial (financial technology/fintech) di bidang gadai dan pinjaman usaha pinjam.co.id tengah berupaya untuk melakukan ekspansi bisnis ke luar Jakarta. Sekarang ini, perusahaan tengah mengurus izin ekspansi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO) pinjam.co.id Teguh Ariwibowo mengatakan, selama ini, pihaknya belum bisa melakukan ekspansi ke luar Jakarta lantaran usaha pegadaian harus melakukan usahanya sesuai dengan domisili pembentukan perusahaan. Hal ini sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pegadaian.

"Untuk melakukan program ekspansi, kami akan patuhi peraturan. Bukan karena kami berbasis teknologi, maka kami hajar terus, tabrak sana-sini," ujar Teguh saat konferensi pers di GoWork Coworking and Office Space, Jakarta, Kamis (12/10). (Baca juga: Kembangkan Usaha, Fintech Perlu Gandeng Bank Konvensional)

Teguh menjelaskan, alternatif yang bisa ditempuh untuk bisa melakukan ekspansi yaitu dengan membentuk perusahaan yang berdomisili di berbagai kota tujuan. Selain itu, menjadikan pinjam.co.id sebagai perusahaan pinjam-meminjam berkonsep peer to peer lending.

"Kami targetkan bisa lakukan ekspansi di 3-5 provinsi tahun depan. Target kami ke depan pun mau membangun sebuah lending platform," ujar Teguh. (Baca juga: OJK Dorong Fintech Kerja Sama Garap Potensi Pembiayaan Rp 1.000 T)

Menurut Teguh, sejak diluncurkan pada Desember 2015 hingga saat ini, pinjam.co.id telah membantu lebih dari 2.000 nasabah dan mempunyai 30.000 anggota untuk gadai dan pinjaman usaha. Banyak di antaranya merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...