Sekjen Kemenkeu: Orang Internal Cukup Kompeten Jadi Dirjen Pajak

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Martha Ruth Thertina

18/10/2017, 17.06 WIB

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi bakal meninggalkan jabatan pada 1 Desember 2017 lantaran memasuki usia pensiun yaitu 60 tahun pada 8 November 2017.

Gedung Direktorat Jenderal Pajak
Arief Kamaludin | KATADATA

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiasteadi segera pensiun. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Hadiyanto berpendapat, kandidat dari internal cukup kompeten untuk mengisi jabatan tersebut.

Ken akan memasuki masa pensiun pada 8 November 2017 ketika usianya menginjak 60 tahun. Ia akan melepas jabatan pada 1 Desember 2017. Hingga saat ini, belum ada keputusan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai mekanisme pemilihan pengganti Ken. Opsinya, melalui lelang jabatan atau penunjukan langsung.

Namun, jika opsi yang dipilih adalah penunjukan langsung, Hadiyanto menilai kandidat dari internal cukup untuk diusulkan menjadi pengganti Ken. Meskipun, Sri Mulyani bisa saja menunjuk kandidat dari luar Kemenkeu. (Baca juga: Dirjen Pajak Pensiun Dua Bulan Lagi, Sri Mulyani Siapkan Pengganti)

"Sejauh  ini kandidat atau calon di Kemenkeu cukup adalah yang dapat dipertimbangkan, diusulkan. Tapi ini (kembali lagi ke) Bu Menkeu," ujar dia usai Rapat Panitia Kerja terkait draf Undang-Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 dengan Badan Anggaran di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/10).

Meski belum ada keputusan soal mekanisme pemilihan, namun ia menerangkan bahwa mekanisme penunjukan langsung lebih cepat dibanding lelang jabatan. Kandidat yang ditunjuk langsung oleh Sri Mulyani bisa langsung diajukan ke Tim Penilai Akhir (TPA) untuk ditetapkan sebagai Dirjen Pajak.

"Ya selaku Sekjen yang mengelola administrasi kepegawaian sampai saat ini kami masih menunggu arahan Bu Menkeu, bidding atau mutasi. Tapi yang jelas mutasi itu prosesnya relatif lebih singkat," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menyampaikan dugaanya, Sri Mulyani bakal melakukan penunjukan langsung. Ini artinya, bakal ada pejabat eselon 1 di Kemenkeu maupun di luar Kemenkeu yang ditunjuk sebagai Dirjen Pajak baru. “Dugaan saya pununjukan,” kata dia kepada Katadata.

Adapun di lingkungan Kemenkeu terdapat 10 pejabat eselon I selain Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi. Mereka adalah Sekretaris Jenderal Hadiyanto, Inspektur Jenderal Sumiyati, Dirjen Anggaran Askolani, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowirono, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatawarta.

Kemudian, Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo, Dirjen Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko Robert Pakpahan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara, Kepala badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Astera Primanto Bhakti.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan