Bappenas Tawarkan Dua Skema Pendanaan Infrastruktur bagi Swasta

Ameidyo Daud Nasution
6 November 2017, 19:20
Menteri Bambang Brodjonegoro
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengajak para investor swasta masuk dalam proyek infrastruktur. Dua skema yang ditawarkan yakni Pembiayaan Infrastruktur non APBN (PINA) dan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Pemerintah secara khusus akan mengundang investor untuk masuk dalam pembiayaan infrastruktur dengan kedua skema ini. Proyek-proyek yang ditawarkan pemerintah akan dipamerkan dalam Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 pada tanggal 8 hingga 10 November mendatang.

Bambang mengatakan, skema PINA akan digunakan untuk proyek infrastruktur yang dapat dikatakan layak dari segi keekonomian (brown field). Sedangkan KPBU akan diarahkan kepada proyek yang dapat dikatakan baru (green field).

"Apalagi selama ini swasta sudah minat tapi masih ragu," kata Bambang dalam konferensi pers di kantornya, Senin (6/11).

Bambang mengatakan, hingga saat ini tiga proyek skema PINA telah diluncurkan yakni jalan tol Trans Jawa, termasuk Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu), Bandara Internasional Jawa Barat, hingga pembangkit listrik di Aceh yang dibangun PT. PP Energi.

(Baca juga: Mangkrak Puluhan Tahun, Tol Becakayu Akhirnya Diresmikan Jokowi)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...